Artikel Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 01 Maret 2010

KH. Sufyan Cholil

Kyai Sufyan sebelum terjun di kalangan ketokohan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum adalah Aktifis Gerakan Nahdlatul Ulama Wilayah Yogyakarta dan sekaligus sebagai wakil satu – satunya NU di DPRD RI Pusat Jakarta dari wilayah Yogyakarta. Beliau lahir di Rejoso pada 29 Oktober 1929. Setelah dapat menyelesaikan studi di Rejoso sebatas tingkat Sekolah Menengah Pertama, Beliau melanjutkan studi kelananya di Semarang, lalu berpindah ke Yogyakarta. Di Yogya Beliau bertemu bertemu dengan Putri Magelang yang bernama Noer Chalimah, yang kemudian dikawininya tahun 1960 dan perkawinan ini diketahui membuahkan Farida Roichany, Faiqoh Rahmiati, Muhammad Farikhin, Muhammad Faisol, Muhammad Fanani dan Farra Adibah.

Karir organisasinya adalah tahun 1954 ikut aktif sebagai pelopor berdirinya Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama IPNU, tahun 1954 sebagai pengajar dan administrative Madrasah Mualimat Yogyakarta, tahun 1959 sebagai Gerakan Pemuda Anshor Bantul Yogya, tahun 1972 sebagai anggota DPR-GR daerah Yogyakarta, tahun 1973 hari terakhir Beliau di Yogya karena tahun itulah Beliau harus pulang kampung, terpanggil kepemimpinan Darul ‘Ulum yang lenggang ditinggal KH. Bishri Cholil sebagai partner KH. Musta’in Romly menjalankan amanat.

Menurut rencana memang bagus katanya , tapi rupanya Tuhan berbuat lain dan manusia harus tunduk menerimanya. Itulah, rencana Kyai bertahan lama, tapi nyatanya Beliau tidak lama kemudian tepatnya tahun 1978 memenuhi pula panggilan Allah SWT untuk melibatkan diri di alam kekal. Kita yang ditinggal akhirnya hanya berbisik Innalillahi Wainnailaihi Roji’un.

0 comments: