Artikel Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 01 Maret 2010

DR. KH. Musta'in Romly

DR. KH. Musta'in Romly

KH. Musta’in Romly lahir di Rejoso pada tanggal 31 Agustus 1931 sejak kecil Beliau mendapat didikan langsung dari kedua orang tuanya. Dan baru tahun 1949 M, melanjutkan studi di Semarang dan Solo di Akademi Dakwah Al Mubalighin, di perguruan ini bakat kepemimpinannya amat menonjol sehingga pada waktu relatif singkat mengajak sahabat – sahabatnya yang berasal dari daerah Jombang, mendirikan Persatuan Mahasiswa Jombang. Studi di Lembaga ini diakhiri pada tahun 1954 M.

Pada tahun 1954 M Beliau aktif di Nahdlotul Ulama Jombang tempat asalnya dan kemudian menjadi pengurus IPNU Pusat tahun 1954 s/d 1956. Upaya menerpa diri untuk lebih matang sebagai Pimpinan Pondok Pesantren, KH. Musta’in banyak beranjang sana keberbagai Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan pada umumnya. Mulai tingkat Nasional sampai ke tingkat Internasional. Dalam kaitan inilah oada tahun 1963 M Beliau Studi Muhibah ke Negara – Negara Eropa dan Timur Tengah, yang juga berziarah ke makam Syeh Abdul Qodir Al Jailani tokoh pemrakarsa Thariqoh Qodiriyah, di Irak. Hal ini penting mengingat pendidikan Beliau di Indonesia sebagai Al Mursyid Thariqot Qodiriyah Wan Naqsabandiyah mewarisi keguruan KH. Romly Tamim dan KH. Cholil Rejoso. Oleh – oleh dari kunjungan Muhibbah ini antara lain yang mendorong berdirinya Universitas Darul ‘Ulum pada 18 September 1965. Universitas Darul ‘Ulum sendiri diprakarsai oleh DR. KH. Musta’in Romly, KH. Bishri Cholil, KH. Akhmad Badawi Cholil, Mohammad Wiyono (Mantan Gubernur Jatim), KH. Muh. As’ad Umar dan Muhammad Syahrul, SH. Untuk melengkapi keabsahan KH. Musta’in sebagai Rektor, pada tahun 1977 Beliau mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Macau University. Pada tahun 1981, lawatan ke Timur Tengah dilakukan kembali dengan hasil kerjasama antara Universitas Darul ‘Ulum dengan Irak University dalam bentuk tukar menukar tenaga Edukatif, dan dengan Kuwait University dalam bentuk Bea Siswa studi Kuwait. Pada tahun 1984 KH. Musta’in ke Casablanca Maroko tepatnya pada bulan Januari 1984, yaitu mengikuti Kunjungan Kenegaraan bersama Wakil Presiden RI Bpk. Umar Wirahadi kusuma dan Menteri Luar Negeri RI Bpk. Prof. DR. Muchtar Kusuma Atmadja dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (OKI). Kunjungan ini dilanjutkan ke Prancis dan Jerman Barat. Selanjutnya pada bulan Juli dengan tahun yang sama, KH. Musta’in Romly mengikuti Konferensi Antar Rektor Se Dunia di Bangkok.

Semua kunjungan dijalani KH. Musta’in dengan tekun demi Kelembagaan Pendidikan yang diamanatkan kepada Beliau, yaitu Lembaga Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, Lembaga Thariqot Qodiriyah Wan Naqsabandiyah, dan Universitas Darul ‘Ulum. Sampai wafat tanggal 21 Januari 1985, DR. Musta’in meninggalkan putra – putrid : M. Rochmad (Alm), H. Luqmanul Hakim dari Ibu Chafsoh MA’some, Hj. Choirun Nisa’ dari Ibu Dzurriyatul lum’ah, H. Abdul Mujib, H. Ahmada Faidah dan Chalimatussa’diyah dari Ibu Ny. Hj. Latifah. Adapun jabatan yang pernah diamanatkan kepada DR. KH. Musta’in Romly adalah :

  1. Anggota MPR-DPR RI Th. 1983 sampai wafat.
  2. Wakil Ketua DPP MDI Th. 1984 sampai wafat.
  3. Rektor Universitas Darul ‘Ulum Th. 1965 sampai wafat.
  4. Al Mursyid Thariqot Qodiriyah Wan Naqsabandiyah Th. 1958.
  5. Ketua Umum Majelis Pimpinan Pondok Pesantren darul ‘Ulum Th. 1958 sampai wafat.
  6. Anggota BKS Perguruan Tinggi Swasta Th. 1983 sampai wafat.
  7. Anggota IAUP (International Assosiation Of University President 1981 di Castarica).
  8. Ketua Umum Jam'iyah Thoriqot Mu'tabaroh Indonesia Th. 1975 sampai wafat.

0 comments: