Artikel Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 01 Maret 2010

KH. Hanan Ma'shum

KH. Hanan Ma'shum
\
Dilahirkan di Rejoso 7 Oktober 1940, adalah putra kedua KH. Ma’soem Cholil. Beliau tidak jauh beda dengan putra kyai – kyai Darul ‘Ulum yang lain. Awal pendidikan Beliau langsung diasuh oleh buyanya sendiri yakni KH. Ma’soem Cholil beserta kyai – kyai sepuh yang lain di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang layaknya santri.

Beliau juga dimasukkan asrama di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum berkumpul bersama santri yang lain sehingga Beliau sejak kecil sudah merasakan sebagai santri. Setelah menyelesaikan Pendidikan Formal di Madrasah Mu’allimin Atas Darul ‘Ulum pada tahun 1965, Beliau melanjutkan kependidikannya keberbagai Pondok Pesantren di Lasem, Rembang dan Magelang di Jawa Tengah, Krapyak Yogyakarta, serta Pondok Ploso Kediri. Dari pengalaman mondok inilah kemudian KH. A. Hannan Ma’soem sebagai pengasuh Pondok Pesantren Darul ‘Ulum sangat tekun menyelenggarakan pengajian – pengajian kitab kuning seperti : Tafsir Jalalain, Hikam, Riyadhus Sholihin, Kifayatul Akhyar sampai akhir hayatnya.

Di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, seusai wafatnya KH. A. Badawi Cholil paman Beliau KH. A. Hannan Ma’soem memegang jabatan sebagai Sekretaris Umum mulai tahun 1971 s/d 1979 kemudian meningkat menjadi Koord. Pengajian dan Kepondokan sampai 2002. Sementara diluar Pondok Beliau juga aktif di Nahdlotul ‘Ulama Cabang Jombang sebagai pengurus Tanfidziyah kemudian menjadi suriah Nahdlotul ‘Ulama, dan menjadi Ketua RMI (Robithoh Al Mahidil Islamiyah) Cab. Jombang serta menjadi anggota DPR-GR semangsa aktif di NU Cab. Jombang.

Pada tahun 1969 KH. A. Hannan Ma’soem menikah dengan putri Mojokerto yang bernama Hj. Chotimah Afifah yang dikaruniai tiga putra yaitu : H. M. Shobih Hannan, S.Ag., Dra. Hj. Fairuza Rahmi Hannan, H. Ifan Fahmi Hannan.

Tepat hari Jum’at tanggal 7 September 2001 dan bertepatan dengan 19 JumadilAkhir 1422H Allah SWT telah memanggil Beliau.

0 comments: