Artikel Populer

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Senin, 01 Maret 2010

KH. Hasyim Umar

Semasa hidupnya KH. Hasyim Umar lebih dikenal dengan sebuutan Kyai Haum, singkatan dari nama Beliau Hasyim Umar. Beliau lahir di Rejoso pada tahun 1934. Dibesarkan dan di didik di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum oleh ayahnya sendiri yaitu Kyai Umar Tamim, adik KH. Romly Tamim. Di Lembaga Pendidikan Formal, Kyai Hasyim Umar tercatat menamatkan SMP Islam Darul ‘Ulum pada tahun 1955 dan dilanjutkan ke Muslimin Atas (Setingkat SMA) tamat tahun 1958. Setamat dari Lembaga Pendidikan Formal Darul ‘Ulum Beliau melanjutkan keberbagai Pondok Pesantren sebagaimana kelaziman anak dan Calon Pimpinan Pondok Pesantren pada umumnya. Pondok Pesantren yang pernah di gali ilmunya antara lain di Demak dan Poncol Solotigo.

Sepulang dari dua Pondok Pesantren diatas, mulailah Haum berkiprah di kegiatan social Keagamaan, misalnya saat tinggal di Yogyakarta pernah mengikuti Kursus Kader Gerakan Pemuda Anshor. Apalagi sejak tahun 1963 saat harus ikut mengabdi di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum, aktif pula jadi pengurus NU Ranting Peterongan pada tahun 1963 – 1965, pada tahun 1965 – 1971 menjadi ketua pengurus Koperasi Pusaka Jombang, 1970 – 1971 menjadi anggota DPR Tingkat II Jombang dari Fraksi FPP.

Akhirnya, setelah menjadi anggota Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul 'Ulum mulai tahun 1978 Beliau wafat pada tanggal 26 Syawal 1407 atau 22 Juni 1987, dengan meninggalkan seorang istri Ny. Hj. alfiah dan putranya yaitu : Moh. Iqbal, Ach. Fauzi, Ach. Mufti Jamal dan Ach. Achsin.

0 comments: